• SMK MANANGGA PRATAMA
  • Jl. Bojong Tengah No.2D - Tasikmalaya ( Terakreditasi A )
    Mencetak Lulusan yang Berakhlak Mulia, Terampil dan Mandiri

REFLEKSI PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK POSITIF PADA MURID

 

REFLEKSI

PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK POSITIF PADA MURID

 

  1. A. Connection : Ceritakan Keterkaitan Materi Yang Sudah Anda Pelajari Dengan

     Peran  Anda?

Materi yang telah saya pelajari dalam modul ini sangat relevan dengan peran saya sebagai guru. Sebagai pendidik, saya bertanggung jawab untuk tidak hanya mengajar, tetapi juga mengelola berbagai program yang dapat mendukung perkembangan siswa. Materi tentang pengelolaan sumber daya, pendekatan berbasis aset, dan pentingnya kolaborasi dengan komunitas memberikan wawasan baru tentang bagaimana saya dapat lebih efektif dalam memanfaatkan potensi yang ada di sekitar saya untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik.

  1. Challenge : Ceritakan Adakah Ide, Materi Atau Pendapat Dari Narasumber Yang Berbeda Dari Praktik Yang Anda Jalankan Selama Ini?

Salah satu ide yang berbeda dari praktik yang saya jalankan selama ini adalah pendekatan berbasis aset/kekuatan. Sebelumnya, saya lebih sering fokus pada kekurangan dan masalah yang dihadapi oleh siswa dan sekolah. Namun, narasumber dalam modul ini menekankan pentingnya melihat kekuatan dan potensi yang dimiliki oleh siswa, guru, dan komunitas. Pendekatan ini memberikan perspektif baru yang lebih positif dan memberdayakan, yang berbeda dari pendekatan tradisional yang lebih berfokus pada masalah.

 

  1. Concept : Ceritakan konsep-konsep utama yang Anda pelajari dan menurut Anda penting untuk terus dibawa selama menjakankan peran Anda?

Konsep-konsep utama yang saya pelajari dan menurut saya penting untuk terus dibawa selama menjalankan peran saya adalah:

  1. Pendekatan Berbasis Aset/Kekuatan: Fokus pada kekuatan dan potensi yang dimiliki

            oleh siswa, guru, dan komunitas.

  1. Kolaborasi dan Kemitraan: Pentingnya membangun kemitraan dengan komunitas lokal,orang tua, dan organisasi lain untuk mendukung program sekolah.
  2. Pengembangan Profesional Berkelanjutan: Investasi dalam pelatihan danpengembangan profesional bagi guru dan staf untuk meningkatkan kualitas pengajaran.
  3. Pengelolaan Sumber Daya yang Efektif: Mengelola sumber daya yang ada dengan baik untuk mendukung proses pembelajaran yang optimal.

 

  1. Change : Ceritakan Sebuah Perubahan Dalam Diri Anda Yang Ingin Anda Lakukan Setelah Pembelajaran Pada Hari Ini?

Setelah pembelajaran pada hari ini, saya ingin melakukan perubahan dalam cara saya melihat dan mengelola program di sekolah. Saya akan lebih fokus pada pendekatan berbasis aset/kekuatan, dengan melihat dan memanfaatkan potensi yang ada di sekitar saya. Saya juga akan lebih aktif dalam membangun kolaborasi dengan komunitas dan mencari cara-cara inovatif untuk mendukung pembelajaran siswa. Selain itu, saya akan terus mengembangkan diri melalui pelatihan dan workshop untuk meningkatkan kompetensi saya sebagai pendidik.

Tulisan Lainnya
REFLEKSI PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK POSITIF PADA MURID

REFLEKSI PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK POSITIF PADA MURID   A. Connection : Ceritakan Keterkaitan Materi Yang Sudah Anda Pelajari Dengan      Per

20/09/2024 23:21 - Oleh Iwan Setiawan, S.Pd., M.Pd. - Dilihat 459 kali
JURNAL REFLEKSI MODUL 2. 3. PEMIMPIN DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA

Apa yang dimaksud dengan ‘Pemimpin Pembelajaran dalam Pengelolaan Sumber Daya’ dan bagaimana Anda bisa mengimplementasikannya di dalam kelas, sekolah, dan masyarakat sekit

20/09/2024 09:35 - Oleh Iwan Setiawan, S.Pd., M.Pd. - Dilihat 508 kali